Advertisement

Main Ad

I Psikologi Umum - Analisis Film Dangerous Mind


ANALISIS FILM
DANGEROUS MIND

MATA KULIAH PSIKOLOGI UMUM

Tugas ini disusun untuk
memenuhi salah satu tugas Psikologi Umum

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEixVrTTz_uhhJ-y9b4YmDTIqEjZmAopXWSn5El5PpZDAYjNBsiAqAHV7hC_4XaidBz8uE9-fOWdeC5isd3uU5FwH4pC_0npvh7hAHemObppyOMhygj5Qc5iMmua-H-dnQMm6HCm9hMGEWk/s320/Logo_uny.gif








DOSEN PENGAMPU
AGUNG HASTOMO, M.Pd


DISUSUN OLEH :
KELAS C

RIZQI MUNANDAR
10108241082



PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

ANALISIS FILM DANGEROUS MIND

Dalam film dangerous mind, banyak pelajaran yang dapat diambil. Dalam mata kuliah Psikologi Umum sendiri banyak yang membahas tentang  Syaraf dan Pengideraan, Persepsi, Memori, Lupa, Fantasi, Berfikir, Kecerdasan, Perasaan, Motivasi, Perhatian, dan masih banya yang lain.Dalam film tersebut sebenarnya banyak mengeksplisitkan sesuatu yang berhubungan dengan pokok bahasan psikologi umum. Maka dari itu, kita akan mencoba menganalisis apa saja aspek psikologi umum yang terdapat dalam film ‘Dangerous Mind’.
Syaraf dan Penginderaan. Sistem saraf kita yaitu organ indra, otot, dan kelenjar memungkinkan kita untuk menyadari keadaan lingkungan serta untuk menyesuaikan diri kita terhadap lingkungan itu. Sedangkan penginderaan atau pendirian, adalah penyaksian indera kita atas rangsang yang merupakan suatu kompleks. Setiap manusia tentunya mempunyai saraf. Saraf bisa di mana saja. Misalnya di otot. Dalam film tersebut jelas sekali peran saraf ketika dua orang murid Ibu Louane Johnson menyuruh kedua muridnya maju untuk beradu dalam berkarate. Kedua murid tersebut bergerak dengan lincahnya namun yang terkesan dalam film tersebut malah terlihat lucu. Lalu adegan membuka pintu tanpa mengetuk terlebuh dahulu yang dilakukan Ibu Johnson saat memasuki ruangan dewan sekolah. Itu semua adalah gerakan yang berhubungan denga saraf manusia. Mengenai penginderaan, penginderaan berhubungan dengan penyaksian indera kita aras rangsang yang merupakan suatu kompleks. Contoh penginderaan terdapat dala adegan ketika Ibu Johnson memasuki kelas pertama kalinya. Ia begitu kaget namun tidak mengamati secara seksama, hanya sekilas saja. Karena kagetnya, ia langsung berbicara dengan temannya yang gendut. Jadi perlu dibedakan antara penginderaan dengan pengamatan. Kalau pengamatan lebih mendalam lagi dari sekedar penginderaan. Pengamatan terlihat ketika Ibu Johnson mengamati tingkah laku para peserta didiknya.
Persepsi. Pengertian dari persepsi adalah sebagai berikut. Persepsi merupakan suatu proses yang didahului oleh proses penginderaan, yaitu proses diterimanya stimulus oleh individu melalui alat indera yang disebut proses sensoris. Proses tidak berhenti begitu saja melinkan diteruskan dan proses selanjutnya merupakan proses persepsi. Jadi dapat dikatakan bahwa persepsi merupakan sesuatu anggapan kita mengenai suatu stimulus. Contoh persepsi ini dapat ditemukan dalam adegan pencarian makna dari suatu puisi. Saat itu, ibu guru Johnson membacakan sebuah puisi dan anggapan semua murid-muridnya berbeda-beda. Ini tidak masalah karena persepsi ini memang subjetif sifatnya, bergantung pada individu masing-masing.
Memori. Secara sederhana, memori berarti ingatan atau disamakan dengan ingatan. Setiap manusia pasti memiliki ingatan baik dari yang sangat lemah, sedang sampai ingatan yang sangat kuat. Memori ini berkaitan dengan daya ingat. Contoh dari memori ini sebenarnya ada dalam setiap adegan. Namun secara spesifik dapat dilihat dalam adegan ketika Ibu Johnson berusaha mengingat salah satu muridnya saat pertemuan di awal beliau mengajar di kelas tersebut.
Lupa, bisa diartikan sebagai hilangnya sebagian ingatan. Ingatan ini tidak sepenuhnya hilang, hanya saja tersembunyi di otak dan memerlukan cara tertentu untuk mendapatkan kembali. Lupa adalah hal manusiawi. Setiap manusia pasti pernah lupa. Adegan lupa ini terlihat ketika salah seorang murid perempuan Bu Johnson lupa akan undangan makan malam Bu Johnson.
Fantasi, mempunyai pengertian kemampuan jiwa untuk membentuk tanggapan-tanggapan atau bayangan –bayangan baru. Fantasi ini sifatnya abstrak. Contoh fantasi dapat dilihat dalam adegan ketika Ramirez, salah satu murid Bu Johnson mengatakan gurunya sebagai guru yang seksi. Hal tersebut sebenarnya mengindikasikan bahwa saat itu, pikiran Ramirez sudah sampai kemana-mana dan membayangkan yang tidak-tidak, walaupun Ramirez hanya melakukan hanya untuk bercanda.
Berfikir, bisa diartikan sebagai pemusatan kegiatan kjiwaan untuk memecahkan suatu masalah. Setiap manusia pasti mempunyai masalah dan masalah tersebut bisa kita pecahkan dengan fikiran kita. Contoh berfikir dapat dilihat dalam aktivitas siswa yang berfikir dengan giat ketika Bu Johnson memberikan soal untuk dijawab. Terlihat sekali mereka benar-benar memikirkannya sampai terlihat kerut di kening.
Perasaan, merupakan hal penting yang dimiliki manusia untuk hidup. Tanpa perasaan, manusia bukanlah seorang manusia karena hewan saja memiliki perasaan. Setiap orang pasti memiliki perasaan. Perasaan ini sebenarnya hanya terdiri dari dari 2 macam saja, yaitu senang dan tidak senang. Itu adalah penggolongan secara umum. Mengenai perasaan, dapat dilihat pada adekan ketika Ramirez murid Bu Johnson mati ditembak. Bu Johnson dan teman-teman Ramirez sangat sedih sekali mendengar kabar tersebut. Apa yang dirasakan Bu Johnson sungguh merasa kehilangan sekali atas kepeegian muridnya dari dunia ini.
Motivasi diartikan sebagai kekuatan yang terdapat dalam diri oganisme yang mendorong  untuk berbuat. Misalnya ketika kita belajar. Mengapa kita belajar? Agar kita dapat lulus ujian, itulah motivasinya. Dalam film dangerous mind, banyak motivasi yang disampaikan dalam film tersebut. Saat Bu Johnson ingin keluar dari sekolah tersebut, murid-murid Bu Louane Johnson tidak mengijinkan dia beliau pindah sekolah. Para siswanya memberikan motivasi agar tidak pergi dari sekolah. Ada juga contoh lain. Saat pada awal masuk, keadaan masih sangat kacau. Pelajaran banyak yang tertinggal. Lalu bu Johnson dengan segala upayanya memperbaiki keadaan. Akhirnya Bu Johnson mengadakan lomba Puisi, siapa yang menang dapat makan malam gratis. Lalu semua murid termotivasi. Itu adalah salah satu contohnnya.
Perhatian, Perhatian berhubungan erat dengan kesadaran jiwa terhadap sesuatu obyek yang direaksi pada sesuatu waktu. Kesadaran kita terhadap suatu obyek tertentu tidak tetap, ada kalanya kesadaran kita meningkat (menjadi terang), dan ada kalanya menurun (menjadi samar-samar). Keadaan lapangan kesadaran dan kekuatannya tidak tetap pula, kadang-kadang luas dan kadang-kadang menjadi sempit. Hal itu tergantung pada pengerahan aktivitas jiwa terhadap obyek. Contoh perhatian dapat dilihat dalam adegan ketika Bu Johnson pertama kali masuk. Saat itu, Bu Johnson berusaha mengkondisika keadaan. Beliau menarik perhatian siswa dengan sok cuek yang akhirnya murid-muridnya malah memperhatikannya. Cara menarik perhatian ada banyak jumlahnya. Cara menarik perhatian yang dilakuka Bu Johnson adalah secara tidak langsung karena Bu Johnson hanya memberikan sinyal-sinyal yang akhirnya dapat ditangkap oleh siswanya.
Uraian di atas menggambarkan betapa pentingnya kita mempelajari Psikologi. Ternyata Psikologi sangar erat dengan kehidupan kita sehari-hari. Kitapun dapat mempraktekannya secara langsung karena memang Psikologi pada dasarnya Ilmu yang mudah diterapkan. Semoga analisis di atas dapat meningkatkan motivasi kita dalam mempelajari Psikologim khususnya Psikologi Umum.







DAFTAR PUSTAKA

Drs.Irwanto.2002.Psikologi Umum. Jakarta:PT Prehalindo bekerja sama dengan APTIK
Kumpulah makalah Psikologi Umum PGSD S1 UPP II UNY Kelas IC angkatan 2010

Posting Komentar

0 Komentar